Anak Alergi Susu Sapi? Pilih Susu Soya untuk Menambah Nutrisi!

Susu Soya untuk Menambah Nutrisi

Tahukah Anda bahwa tak semua anak bisa mengonsumsi susu formula yang terbuat dari susu sapi? Kondisi seperti ini disebut juga dengan istilah intoleransi laktosa. Sebagai alternatif penambah nutrisi anak dengan kondisi ini, Anda bisa memberinya susu formula dari soya, misalnya seperti susu SGM Soya Presinutri. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa susu soya layak untuk dikonsumsi si kecil.

  • Tak Mengandung Unsur Laktosa

Keunggulan utama susu formula yang terbuat dari soya tentu saja adalah kandungannya yang bebas laktosa atau lactose free. Tentu saja kandungan susu yang bebas laktosa ini, sangat pas untuk dikonsumsi oleh anak yang alergi akan laktosa. Anda perlu tahu bahwa pengonsumsian susu sapi oleh anak yang alergi laktosa, bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti muntah, diare, dan konstipasi.

  • Sumber Nutrisi Alternatif untuk Perkembangan Anak

Pada masa emas pertumbuhannya, anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya bisa berlangsung optimal. Susu formula soya dapat menjadi alternatif sumber nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak tersebut. Susu soya diketahui kaya akan protein, zat besi, serta beragam jenis vitamin yang keberadaannya sangat krusial bagi tumbuh kembang anak.

  • Menghindarkan Anak dari Risiko Obesitas

Susu soya mengandung lemak yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi. Seperti yang Anda ketahui, lemak merupakan penyebab utama meningkatnya berat badan dengan begitu drastic. Jika anak mengonsumsi susu soya, maka pengonsumsian lemak jenuh tentu akan jauh lebih berkurang. Berat badan anak pun tak akan melebihi batas normal, serta terhindar dari risiko obesitas.

  • Susu Soya Kaya Akan Serat

Tak bisa dipungkiri jika susu soya memiliki kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan serat yang tinggi pada susu soya, dapat menghindarkan anak dari risiko masalah pada sistem pencernaannya, seperti konstipasi dan diare. Efek kenyang pada anak pun bisa bertahan lebih lama, sehingga nafsu makan anak yang berlebihan bisa untuk dikendalikan.

  • Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang Anak

Sama seperti susu sapi, susu soya juga bisa diandalkan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan vitamin D pada susu soya, membuat proses penyerapan kalsium menjadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Tercukupinya kebutuhan kalsium, membuat anak bisa tumbuh tinggi sesuai dengan tinggi anak seusianya dan bisa terhindar dari risiko stunting.

Pemenuhan nutrisi harian anak yang alergi susu sapi bisa dilakukan dengan memberinya susu formula yang terbuat dari soya atau kedelai. Sama dengan susu sapi, susu soya ini pun memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, khususnya di masa tumbuh kembangnya ini. Susu soya ini pun terbilang mudah untuk diperoleh, misalnya seperti beragam varian susu soya dari SGM.