Atasi Makan Tak Berselera dengan 6 Tips Anak Susah Makan

Atasi Makan Tak Berselera dengan 6 Tips Anak Susah Makan

Anak yang susah makan dapat berpengaruh pada pertumbuhannya. Hal ini karena asupan nutrisi pada anak kurang terpenuhi. Banyak faktor yang membuat anak tak berselera saat makan. Salah satunya karena anak tak memiliki  rasa lapar. Berikut akan disajikan cara mengatasi makan tak berselera dengan tips anak susah makan.

1. Membuat Suasana Makan yang Menyenangkan

Anak-anak pasti lebih tertarik melakukan kegiatan yang menyenangkan. Jika anak susah makan, cara ini bisa dilakukan sambil diselingi makan. Sebagai contoh, melibatkan mainan berupa boneka yang berpura-pura ikut makan. Jika tidak makan, maka salah satunya akan sakit. Makan sambil bermain yang seperti ini secara tidak sadar akan membuat anak terus lahap makan.

2. Menjadikan Orang Tua Sebagai Contoh

Orang tua dapat membujuk anaknya makan dengan cara ikut makan. Beri contoh selahap mungkin dengan beberapa kali suap. Cara ini akan membuat anak berpikir makanan yang dimakan orang tua memiliki rasa lezat. Maka anak akan tertarik yang kemudian ikut makan, lakukan hal yang sama jika anak mulai bosan lagi menyuap makanannya.

3. Melibatkan Anak dalam Menghidangkan Makanan

Anak bisa berpartisipasi dalam menyiapkan makan. Anak juga diperbolehkan berkreasi pada makanannya sendiri. Hal ini akan membuat anak senang dengan sendirinya dan akan sering mencicipi makanan yang dibuatnya. Ia akan lebih mau memakan makanan hasil buatannya sendiri tanpa paksaan. Orang tua dapat mendampingi anak saat menyediakan makanan.

4. Membuat Menu Makanan Bervariasi

Hidangkan menu makanan yang bervariasi setiap harinya. Jika bingung, banyak tersedia resep makanan yang membantu membuat menu masakan bervariasi. Bervariasi tak harus melulu dengan makanan yang mengandung protein tinggi dan harga mahal. Menu makanan yang bervariasi dapat dibuat dengan membedakan  cara olahannya dan mencampurkan bahan lainnya.

5. Mendisiplinkan Waktu Makan

Jadikan makan sebagai suatu jadwal yang harus rutin dikerjakan. Dapat dilakukan dengan cara membagi jadwal untuk makan pagi, siang dan malam atau sesuaikan dengan kondisi. Orang tua dapat mengingatkan waktu makan setiap harinya. Lama-kelamaan anak akan merasa ada yang kurang jika jadwal makan tidak sesuai atau tidak berjalan.

6. Menghindari Memberikan Minum di Sela-Sela Makan

Minum banyak sebelum makan akan membuat anak menjadi kenyang air sebelum makan. Begitu juga saat minum berkali-kali di tengah makan. Ini akan membuat makanan menjadi tersisa karena anak sudah kenyang air. Siapkan minuman setelah makanan selesai dihidangkan. Kecuali untuk kondisi tertentu seperti tersedak, kepedasan, atau kondisi butuh air lainnya.

Itulah beberapa cara atasi makan tak berselera dengan tips anak susah makan yang bisa Anda coba. Coba tips lain seperti menghindari memaksa anak untuk makan. Hal ini akan membuat anak merasa terintimidasi saat ia tak mau makan. Sehingga ia akan membenci apapun makanan yang disediakan orang tuanya.