Mengenal Tanda-Tanda Penyakit Mata Bersama SehatQ.Com

Mengenal Tanda-Tanda Penyakit Mata Bersama SehatQ

Mengalami berbagai persoalan terkait penglihatan tentunya membuat Anda tidak nyaman dan susah untuk dapat fokus. Penyakit pada mata selain membuat tidak nyaman, juga sering terjadi di masyarakat. Beberapa tandanya, biasa sering terjadi seperti gatal, mata merah, dan yang paling fatal adalah kebutaan. Kondisi ini dapat terjadi kapanpun dan dimanapun itu, tentunya Anda harus menjaga kesehatan mata Anda agar selalu sehat.

Penyakit mata yang sering terjadi di Indonesia memiliki berbagai keluhan dan itu umum atau sering terjadi. Untuk perawatannya, ada dari beberapa orang dapat sembuh dengan sendirinya dan ada beberapa yang perlu perawatan medis. Untuk memastikannya, apabila Anda mengalami berbagai keluhan, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan mata atau dapat langsung mengunjungi website sehatQ.com. Ini dapat menjadi solusi yang tepat dan dapat lebih mudah untuk mengetahui deteksi dini yang didapatkan.

Gejala Penyakit Mata Umum Terjadi

Penjelasan penyakit mata dibawah ini yang sering atau umum terjadi di Indonesia :

  • Gejala Mata Kering

Beberapa orang pasti mengalami gejala mata kering dan hal ini biasanya sering terjadi pada wanita dan orang yang sudah lanjut usia (lansia). Hal-hal yang sering terjadi biasanya mata terasa ada benda yang menyangkut di kelopak mata. Mata Anda terasa ada pasir yang menempel dan indikasinya yang sering terjadi, seperti mata merah, gatal, dan perih.

Gejala ini terjadi, karena ada beberapa faktor atau penyebabnya yang membuat mata menjadi kering. Hal ini dipengaruhi oleh infeksi, iritasi, kurangnya produksi air mata, penyakit autoimun, dan kekurangan nutris. Ada penyebab lainnya, biasanya terjadi oleh efek obat-obatan, sering terkena angin atau seringnya terkena oleh sinar matahari.

Gejala mata kering ini sering banget ditemui pada masyarakat Indonesia dan pengobatannya pun dapat diobati dengan obat tetes mata atau obat lainnya yang dapat meningkatkan produksi air mata. Tetapi, apabila gejala tersebut sering terjadi, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter mata.

  • Gejala Konjungtivitis

Penyakit mata seperti ini terjadi pada jaringan lunak mata yang membuat mata merah, radang, perih dan mengalami gatal. Penyakit Konjungtivitis terjadi, karena adanya iritasi dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sehingga membuat mata Anda mengalami atau menjadi nanah. Gejala ini sering terjadi pada anak-anak dan beberapa orang dewasa.

Untuk pengobatannya pun harus disesuaikan dengan gejala yang dialami dan tidak bisa dipukul sama rata. Karena, ada beberapa pengobatan yang harus disesuaikan dan tidak sembarangan.Lebih tepatnya, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan datang langsung ke dokter spesialis mata ataupun dapat dengan menelusuri situs kesehatan yang ada.

Untuk penyakit mata yang disebabkan oleh alergi Anda dapat dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan alergi dan memberikan obat antihistamin. Apabila terjadi oleh virus, biasanya sembuh dengan sendirinya, namun jika terjadi oleh bakteri Anda dapat memberikan obat tetes atau salep mata.

  • Gejala Katarak

Penyakit mata yang satu ini menjadi momok menakutkan dan banyak kasus terjadi di Indonesia, bahkan menjadi penyakit nomor satu. Katarak ini membuat pandangan menjadi kabur dan diderita oleh beberapa lansia (lanjut usia) 60 tahunan keatas. Tetapi, tidak jarang juga kasus ini terjadi pada beberapa anak muda dan bahkan bayi yang baru lahir.

Mata katarak sering terjadi pada penderita diabetes, sinar uv, merokok, dan penggunaan obat tertentu tanpa resep dokter. Penyembuhan untuk katarak sendiri, dapat disembuhkan dengan operasi katarak.

  • Gejala Glaukoma

Gangguan mata yang dialami hampir 6 juta penduduk Indonesia, membuat gejala Glaukoma menjadi terbesar yang banyak diderita. Penyakit ini mengakibatkan mata atau saraf optik pada mata mengalami kerusakan dan membuat gangguan pada penglihatan. Bahkan, ada beberapa kasus yang mengalami kebutaan. Hal ini disebabkan oleh timbunan cairan mata dan menekan bola mata, sehingga membuat rusak saraf optiknya.

Gejala ini dapat terjadi pada semua umur, tetapi kasus terbanyak sering terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Untuk proses penyembuhan nya pun, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata ataupun dapat menggunakan beberapa obat dan tetes mata. Langkah selanjutnya pun, dapat dilakukan dengan operasi laser atau konvensional.

Tentunya masih ada banyak penyakit mata yang sering dan banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Tidak ada salahnya untuk Anda selalu menjaga kesehatan mata dan tetap menjaga kualitas kesehatan diri Anda. Apabila Anda sering mengalami beberapa kesehatan mata, tidak ada salahnya untuk mengakses dan bertanya langsung pada dokter profesional di www.sehatq.com, nikmati pengalaman menariknya.