Penyebab Aki Mobil Cepat Soak yang Perlu Diketahui

Penyebab Aki Mobil Cepat Soak yang Perlu Diketahui

Bisa dikatakan bahwa aki adalah salah satu komponen mobil yang sangat penting. Ya, dalam sistem kelistrikan, aki mobil memegang peranan penting sebagai sumber daya utama. Artinya, jika aki tidak bekerja secara optimal, maka berbagai sistem kelistrikan mobil, seperti lampu, starter, AC, dan aksesoris lain tidak akan bekerja dengan optimal.

Oleh karenanya, pemeliharaan aki yang tepat adalah hal yang perlu dilakukan, termasuk melakukan penggantian jika aki cenderung sudah soak atau rusak. Namun, perlu diketahui, ada beberapa penyebab aki mobil cenderung lebih mudah rusak. Penyebab ini tentu saja perlu untuk diketahui agar Anda tidak terlalu cepat mengganti aki mobil.

Nah, apa saja penyebab aki mobil cepat soak? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beberapa Penyebab Aki Mobil Cepat Rusak

Seiring dengan fungsi pentingnya, tentu menjaga kondisi aki mobil adalah suatu keharusan. Oleh karenanya, mengetahui beberapa penyebab aki yang cepat rusak menjadi cukup esensial.

Ada beberapa penyebab aki mobil gampang soak untuk disimak, yaitu:

  • Intensitas pemakaian mobil yang cenderung tinggi

Salah satu penyebab utama aki mobil yang cepat rusak adalah intensitas penggunaan mobil yang cenderung tinggi. Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan mobil terlalu sering, maka air aki –pada aki basah, akan cenderung lebih cepat berkurang.

Kondisi ini, jika tidak langsung ditanggulangi, akan membuat daya aki menjadi drop dan nantinya aki akan menjadi lebih cepat soak. Oleh karenanya, ketika intensitas penggunaan mobil cenderung tinggi, maka ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan berkala pada volume air aki dan memastikan bahwa volume air aki ada di level yang normal.

  • Cukup sering mengemudi dengan jarak pendek

Selain terlalu sering mengemudi mobil, hal lain yang menjadi sebab aki cenderung mudah soak adalah seringnya Anda mengemudi dengan jarak pendek. Beberapa dari Anda mungkin cukup sering bepergian dengan mobil hanya menempuh jarak beberapa kilometer dalam waktu yang cukup singkat.

Mungkin Anda berpikiran bahwa hal tersebut tidak akan berpengaruh signifikan pada kondisi aki mobil. Faktanya, mengemudi mobil dengan jarak pendek dan waktu yang cenderung singkat akan membuat alternator tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan isi ulang baterai secara penuh. Hal inilah yang akan memperpendek usia aki.

  • Mobil yang jarang dipakai

Mobil yang jarang dipanasi dan dipakai juga menjadi sebab kenapa aki cenderung lebih mudah rusak dan soak. Perlu diketahui bahwa aki membutuhkan arus listrik untuk mengisi ulang daya yang tersimpan di dalamnya. Nah, pengisian tersebut hanya akan bisa dilakukan jika mobil digunakan atau dikemudikan.

  • Kapasitas aki mobil yang terlalu kecil

Penyebab lain kenapa aki mobil cenderung lebih mudah soak adalah kapasitasnya yang cenderung terlalu kecil. Tentu saja, mobil membutuhkan arus yang beragam sesuai dengan banyaknya aksesoris yang digunakan.

Nah, dalam hal ini, jika Anda menggunakan aki dengan ampere yang cenderung kecil, maka daya aki tidak akan bisa memenuhi kebutuhan daya tersebut sehingga aki mobil akan kalah. Oleh karenanya, perhatikan ampere aki mobil yang Anda gunakan dan jika bisa, gunakan aki dengan ampere yang cenderung lebih tinggi daripada kebutuhannya.

  • Usia aki yang sudah lama

Aki merupakan komponen mobil yang memiliki usia penggunaan. Artinya, dalam usia tertentu, komponen ini memang harus diganti yang baru untuk menjaga performa mobil agar senantiasa baik dan juga stabil.

Oleh karenanya, cek usia aki mobil yang Anda gunakan, terutama jika sebelumnya Anda membeli produk aki bekas. Jika usia aki sudah terlalu lama, maka ada baiknya jika Anda menyiapkan tabungan untuk membeli aki yang baru.

Beberapa hal di atas adalah penyebab kenapa aki mobil cenderung lebih mudah rusak. Tentu, dengan mengetahui beberapa sebab di atas, Anda bisa melakukan perawatan yang lebih baik agar usia aki mobil Anda lebih panjang.

Namun, jika sudah waktunya penggantian, Anda tentu perlu mengganti aki dengan segera. Tidak perlu repot, Anda bisa mengklik laman montir.id untuk mendapatkan kemudahan penggantian. Selain itu, Anda juga bisa mengecek harga aki mobil untuk mempersiapkan dana yang diperlukan.