Selain Mulai MPASI, Inilah 6 Perkembangan Bayi 6 Bulan Lainnya

Selain Mulai MPASI, Inilah 6 Perkembangan Bayi 6 Bulan Lainnya

Tak terasa si Kecil telah memasuki usia 6 bulan. Memasuki usia baru, tentu terdapat perkembangan baru buah hati yang membuat Anda semakin bangga kepadanya. Ketika memasuki usia ini, bayi Anda  sudah terlihat lebih cerdas. Inilah perkembangan bayi 6 bulan yang wajib Anda ketahui.

  1. Si Kecil Mulai MPASI

Di usia 6 bulan, si Kecil sudah dapat diperkenalkan MPASI atau makanan pendamping ASI. Hal ini diperbolehkan karena pada usia ini sistem pencernaan si Kecil telah siap untuk menerima makanan padat.

  1. Si Kecil Mulai Merangkak

Ketika memasuki usia 6 bulan, otot leher serta lengan bayi sudah semakin kuat. Itulah mengapa di usia ini buah hati Anda mulai mencoba merangkak. Tak sedikit bayi yang mulai merangkak ke belakang pada awalnya, barulah setelah itu ia mulai dapat merangkak ke depan.

  1. Si Kecil Tertarik Benda-Benda Kecil

Anda perlu melakukan pengawasan ekstra pada bayi 6 bulan Anda, karena kini ia sudah mulai tertarik dengan benda-benda kecil. Si Kecil pun mulai senang pada detail-detail benda, sehingga Anda perlu mengawasinya ketika bermain agar tidak memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulutnya.

  1. Si Kecil Senang Menyentuh

Perkembangan bayi 6 bulan selanjutnya adalah mulai senang menyentuh, hal ini terjadi karena pada usia 6 bulan indera sentuhannya semakin meningkat. Si Kecil mulai gemar menyentuh tekstur benda, baik itu benda bertekstur kasar, lembut, atau berbulu.

  1. Indera Penglihatan si Kecil Meningkat

Indera penglihatan bayi akan mulai meningkat di usia ini, sehingga tak heran jika kini ia sangat tertarik pada benda yang berwarna-warni atau mengkilap. Si Kecil juga mulai senang untuk meraih benda-benda tersebut.

  1. Si Kecil Dapat Membedakan Wajah

Kini si Kecil sudah dapat membedakan wajah yang dilihatnya, sehingga ia tak lagi merasa takut untuk bertemu wajah-wajah baru selain wajah orang-orang yang dikenalinya. Bayi pun sudah mulai berinteraksi dengan berbagai cara untuk dapat menarik perhatian orangtua. Tak hanya itu, ia juga sudah dapat merespon ketika dipanggil.

  1. Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Ketika bayi Anda menginjak usia 6 bulan umumnya gigi pertamanya akan tumbuh. Namun Anda tak perlu khawatir jika memang gigi si Kecil belum tumbuh, karena perkembangan setiap bayi dapat berbeda-beda.

Rekomendasi Menu MPASI Bayi 6 Bulan

  • Puree alpukat dan pisang.
  • Puree bayam dan jagung manis.
  • Nasi tim dan ikan dori.
  • Puree nasi wortel dan kentang.
  • Puree oat dan salmon.
  • Puree daging, kentang, tomat dan wortel.
  • Puree kentang, brokoli dan kaldu ikan.
  • Puree beras merah, tahu, buncis dan ayam.
  • Krim sup kentang.
  • Puree telur, tahu dan jagung manis.
  • Hati ayam, edamame, brokoli dan bubur.

Demikianlah perkembangan bayi 6 bulan yang wajib Anda ketahui. Selalu awasi tumbuh kembang si Kecil dengan memperhatikan asupan makanannya, karena ia baru beradaptasi dengan makanan padat. Semoga informasi ini bermanfaat.