6 Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Sehat, Bergizi dan Mengenyangkan

Rekomendasi Menu Sarapan Pagi Sehat, Bergizi dan Mengenyangkan

Asupan gizi yang cukup di pagi hari sangat dibutuhkan agar Anda bisa menjalani hari dengan penuh energi. Jika sarapan yang Anda santap di pagi hari tak mengandung gizi yang cukup, dipastikan Anda akan mudah merasa lelah dan lesu, sebelum jam makan siang datang. Nah, agar sarapan bisa jadi tepat guna, Anda bisa contek rekomendasi menu sarapan pagi sehat berikut ini.

  • Roti dan Alpukat

Pertama, Anda bisa santap kombinasi roti dengan buah alpukat yang sudah terbukti mengandung banyak zat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu khasiat utama dari buah alpukat adalah menyehatkan jantung, serta mengurangi risiko stroke. Cara mengolah sarapan dengan kedua bahan ini pun terbilang sangat mudah.

Anda hanya perlu satu buah alpukat saja yang telah matang, kemudian kerok daging buahnya lalu haluskan. Daging buahnya tersebut kemudian dioleskan ala selai di permukaan roti yang telah dipanggang. Jangan lupa tambahkan sedikit minyak zaitun dan garam, agar cita rasanya makin mantap. Anda juga bisa menambahkan telur mata sapi untuk pelengkap menu sarapan satu ini.

  • Tumis Tahu dan Sayur

Tahu dan sayur merupakan dua bahan yang sangat mudah untuk diperoleh. Selain itu, keduanya juga kaya akan kandungan yang penting bagi tubuh, seperti protein. Cara membuatnya cukup gampang, tumis irisan bawang bombai, paprika hijau dan sayur kangkung atau bayam, kemudian tambahkan tahu beserta garam dan lada secukupnya. Memasaknya tak ribet dan tak butuh waktu lama.

  • Salad Sayur atau Salad Buah

Jika malas memasak, Anda bisa pilih opsi membuat salad di pagi hari untuk sarapan. Isiannya terserah saja, apakah Anda ingin membuat salad sayur atau salad buah. Setelah memilih sayur atau buah yang diinginkan, cuci bersih dan potong kecil sesuai selera. Selanjutnya, tambahkan minyak zaitun, mayones atau madu. Jika ingin makin terasa gurih, jadikan taburan kacang sebagai topping.

  • Sandwich atau Roti Lapis

Sandwich atau roti lapis bisa dibilang sebagai salah satu menu sarapan yang paling sering disajikan. Walaupun cara membuatnya sangat praktis, nilai gizinya tetaplah ada, dengan hadirnya bahan seperti telur, tomat, atau selada dalam roti lapis tersebut. Anda tinggal susun bahan berupa telur dadar atau goreng, irisan tomat, selada, bawang bombai, dan saus dalam helaian roti tawar panggang.

  • Omelet

Telur tak hanya mengenyangkan dan mudah diolah untuk sarapan, namun juga mengandung banyak gizi untuk menyehatkan tubuh. Jika sudah bosan dengan omelet biasa, Anda bisa tambahkan isian agar menu ini makin menggugah selera. Isian omelet bisa Anda variasikan setiap harinya, mulai dari menggunakan sayuran, bawang bombai, atau mungkin irisan daging.

  • Granola dan Yoghurt

Anda tentu sudah sering mendengar tentang khasiat granola untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya antara lain adalah untuk melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, dan menurunkan kadar kolesterol. Atas khasiatnya yang dimilikinya ini, tak salah kiranya jika semangkuk granola Anda jadikan sebagai menu sarapan keluarga, dengan tambahan yoghurt untuk menambah gizi dan cita rasanya.

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan Anda untuk melewatkan saja sarapan pagi atau menikmati sarapan yang tak mengandung nilai gizi. Tak semua menu sarapan ribet dan memakan waktu lama untuk disajikan, misalnya saja seperti rekomendasi menu sarapan pagi sehat di atas. Selain lezat dan juga mengenyangkan, kebutuhan gizi harian Anda pun akan bisa terpenuhi dengan menyantapnya.